Pengertian dan Sejarah Lengkap WWW

Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain.   

Pembahasan WWW

Tentunya kita selalu mendengar bahkan menggunakan pada saat kita menggunakan internet,dan sistem yang satu ini salah satunya yang dimaksud dan kita bahas pada artikel ini. World Wide Web (WWW atau Web) merupakan salah satu “killer applications” yang menyebabkan populernya Internet. 

WWW dikembangkan oleh Tim Berners-Lee. Kehebatan Web adalah kemudahannya untuk mengakses informasi, yang dihubungkan satu dengan lainnya melalui konsep hypertext. Informasi dapat tersebar di mana-mana di dunia dan terhubung melalui hyperlink. Arsitektur sistem Web terdiri dari dua sisi: server dan client. Keduanya dihubungkan dengan jaringan komputer (computer network) dengan menyajikan data-data dalam bentuk statis dan dinamis.  

Sejarah Singkat WWW. 


WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsiparsip risetnya Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire 

Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. 

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet   

Fungsi World Wide Web (WWW)  

Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Hal ini senada dengan pengertian www yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, salah satu fungsi www di internet menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan  
   

Fasilitas WWW 

Internet sering disebut sebagai rimba raya informasi dengan sekian banyak layanan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, bahkan cukup banyak yang gratis. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik internet saat ini. Dan kalo diamati lagi, bahwa sebenarnya semuanya adalah World Wide Web dengan beragam layanan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara lain :  

Web Mail Service Salah satu layanan yang paling banyak digunakan orang di internet adalah email, dan untuk bisa saling berkirim email kita harus memiliki email account tertentu. Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama tertentu sesuai dengan keinginan kita. 
Contoh : mail.yahoo.com, www.hotmail.com, dll.  

Search Engine Seringkali kita memerlukan untuk mencari sesuatu dari web, akan tetapi kita belum mengetahui dimanakah alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi tersebut. 

Padahal jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs dengan berbagai layanan yang ditawarkan. 

Untuk itu kita memerlukan sebuah aplikasi bantu yang akan mencari apa yang kita butuhkan di situs-situs web. Alat bantu itu disebut Search Engine. Dengan search engine kita akan cepat menemukan alamat situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. 
Contoh situs search enngine : www.google.com, www.yahoo.com,dll.  

Web Hosting Setelah proses design dan proses penyusunan sebuah situs web selesai, maka selanjutnya kita akan upload situs tersebut di internet. Untuk itu kita memerlukan web space untuk meletakkan situs yang telah jadi itu. Bila kita berlangganan pada sebuah ISP, biasanya kita diberikan space khusus untuk keperluan ini. Akan tetapi bila tidak demikian, kita dapat menggunakan layanan web hosting gratis yang ditawarkan di internet. 
Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis yaitu : www.geocities.com, www.coolfreepages.com, www.lonex.com,dll.  

Portal. Kalau dalam dunia nyata kita kenal mall atau plaza, yang menyediakan semua yang kita butuhkan saat belanja, maka di dunia maya pun ada fasilitas seperti ini. Di dalam satu situs web, tidak hanya menawarkan satu layanan saja, tetapi bermacam-macam layanan sekaligus. Situs seperti ini, disebut sebagai portal. Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dll. 
  
pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi dimana saja  di internet secara mudah dan cepat. 
Secara umum aplikasi internet terbagi menjadi 2 jenius, yaitu sebagai berikut : 

  • Synchronous System yaitu Aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai bisa berkomunikasi pada waktu yang sama, contohnya: chatting, Video Conference, dan lain-lain. 
  • Asynchronous System yaitu Aplikasi yang tidak bergantung pada waktu dimana seluruh pemakai bisa mengakses ke sistem dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: BBS dan e-mail.  

Untuk lebih mendukung kedua system tersebut perlu juga penerapan teknologi multimedia secara waktu nyata sepertivideoconference atau pertemuan maya yaitu merupakan teknologi yang memungkinkan terjadinya komunikasi jarak jauh tanpa delay, walaupun infrastruktur jaringan  di Indoneisa masih relatif terbatas.  
Penutup 

Web atau world wide web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.

Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. 

Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dan lain-lain.       
     

Referensi 

http://wwdq.blogspot.com/2011/04/pengertian-internet-dan-pengertian-www.html  
http://pengertian-definisi.blogspot.com/2012/03/www-atau-world-wide-web.html  
http://kib-banjar.blogspot.com/2012/12/pengertian-world-wide-web-www.html http://ahoooonk.blogspot.com/2013/01/world-wide-web.html http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web#Sejarah   


EmoticonEmoticon